Jakarta, KabarPAUD
- Kendati secara umum terdapat kesetaraan
kesempatan berkarir di dunia pendidikan bagi perempuan maupun laki-laki, namun
masih terdapat kesenjangan gender untuk beberapa jenjang pendidikan.
Berdasarkan survei Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2013 yang dirilis akhir 2014,
persentase guru perempuan terbesar di TK (96,89%) dan terkecil di perguruan
tinggi (40,58%). Sebaliknya, persentase guru (dosen) laki-laki terbesar
terdapat pada perguruan tinggi (59,42%), sedangkan yang terkecil pada TK
(3,11%).
Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Wartanto mengatakan, peran
perempuan yang masih minim pada jenjang pendidikan tinggi disebabkan karena
keterbatasan perempuan terhadap akses pendidikan.
Para perempuan kerap dipersepsikan hanya bertanggung jawab dalam
mengurus pekerjaan rumah tangga. Hal ini mengakibatkan mereka kurang
termotivasi untuk mengambil jenjang pendidikan strata dua, atau strata tiga
yang menjadi persyaratan untuk menjadi seorang dosen.
“Peran perempuan masih terhalangi oleh kondisi sosial budaya lama.
Konsekuensinya, perempuan ditempatkan di bawah bayang-bayang dominasi
laki-laki. Inilah yang terus kami coba ubah dengan berbagai program pengarusutamaan
gender,” ujarnya akhir pekan lalu.
PDSP menyebutkan, pada tahun 2013, jumlah siswa baru laki-laki lebih
banyak jika dibandingkan dengan jumlah siswa baru perempuan, kecuali pada
jenjang SMA dan perguruan tinggi.
Dari tiga jenjang pendidikan, siswa baru laki-laki (51,05%) lebih
besar daripada perempuan (48,95%). Hal ini berarti siswa laki-laki memiliki
kesempatan untuk mendapatkan pendidikan lebih banyak daripada perempuan. Siswa
baru laki-laki terkecil terjadi di SMA (47,47%) dan terbesar pada Sekolah Luar
Biasa (58,49%).
Sedang rata-rata persentase siswa untuk semua satuan pendidikan untuk
laki-laki (51,61%) dan perempuan (48,39%). Persentase siswa laki-laki terbesar
terdapat pada SMK (62,45%) dan terkecil pada perguruan tinggi (48,10%). (Sumber: http://paudni.kemdikbud.go.id/berita/7069.html)